Mar 032020

Urban Farming Bisnis Pertanian Masa Depan

Bagi Anda yang memang senang bercocok tanam, namun saat ini Anda tinggal di daerah perkotaan yang sangat minim sekali tanah lapang, maka sangat cocok sekali bagi Anda untuk menerapkan urban farming ini. Pada awalnya konsep urban farming ini hanyalah sebuah inisiasi dari beberapa komunitas pecinta lingkungan yang ingin menghijaukan daerah perkotaan ini. Namun seiring berkembangnya waktu urban farming ini menjadi sebuah tren yang diikuti banyak orang dan bahkan hingga bisa dijadikan sebuah bisnis yang memang sangat menjanjikan sekali mengingat negara ini masih kekurangan sumber pangan yang sangat banyak sehingga masih harus mengimpor dari negara luar.

Mengenal Lebih Dekat Urban Farming Sebagai Bisnis Pertanian Masa Depan

Seperti namanya, urban farming ini memiliki arti bercocok tanam di lingkungan perkotaan yang memang memiliki lahan kosong yang sangat terbatas karena memang dipadati oleh rumah – rumah penduduk dan juga gedung perkantoran serta mall. Di lahan sempit yang dipunyai maka akan buat sedemikian rupa agar bisa ditumbuhi berbagai macam tumbuhan yang akan menjadi komoditas pangan. Nah tentunya hal ini akan sangat menguntungkan sekali untuk Anda sebab dengan lahan yang terbatas tersebut maka Anda bisa menghasilkan hasil panen yang cukup besar. Selain itu hasilnya juga akan lebih aman karena memang menggunakan sistem penanaman organik tanpa menggunakan pestisida ataupun pupuk kimia. Jadi metode urban farming ini diprediksikan akan menjadi metode bisnis pertanian dimasa depan mengingat semakin lama pastinya lahan kosong akan semakin terbatas karena banyak dibangun rumah – rumah.

Keunggulan Metode Urban Farming

Nah selain untuk memanfaatkan lahan kosong untuk menjadi lahan pertanian yang akan menghasilkan banyak uang, metode urban farming ini juga memiliki banyak sekali keunggulan atau keuntungan. Nah agar Anda bisa lebih mengerti maka berikut ini kami akan menjelaskan beberapa keuntungan dari urban farming ini. Semoga setelah Anda mengerti maka Anda langsung tergerak hatinya untuk menjadi pengusaha yang menerapkan metode urban farming.

  • Menjaga kestabilan pangan

Kegiatan urbanisasi yang dilakukan oleh pemerintah yang menyebabkan terus ditingkatkannya kegiatan pembangunan di daerah perkotaan yang semakin menggerus atau menghilangkan lahan hijau di daerah perkotaan tersebut. Nah jadi yang seharusnya lahan hijau tersebut digunakan untuk menanam padi atau dijadikan kebun, kini lahan tersebut sudah beralih fungsi menjadi bangunan – bangunan. Nah ketika hal itu terjadi maka lahan yang seharusnya menghasilkan bahan pangan akan hilang dan kita kehilangan kemampuan untuk bisa mencukupi kebutuhan pangan secara mandiri sehingga harus mengimpor dari negara lain. Nah dengan urban farming ini, maka akan lebih banyak lagi tanak yang dapat dijadikan penghasil bahan pangan sehingga kestabilan pangan akan tetap bisa terjaga selalu.

  • Pemberdayaan masyarakat

Memang sudah bukan rahasia umum lagi bahwa memang saat ini di daerah perkotaan besar sekalipun masih sangat banyak sekali pengangguran yang berkeliaran dan belum mendapatkan pekerjaan. Nah dengan Anda membukan bisnis pertanian dengan menggunakan konsep urban farming ini maka Anda bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang perkotaan yang masih menganggur. Dengan begitu Anda bisa memberdayakan masyarakat sekitar dan membantu mengurangi tingginya angka pengangguran yang ada saat ini. Apalagi jika memang bisnis Anda sudah menjadi sangat besar, maka akan lebih banyak lagi tenaga kerja yang akan terserap dalam bisnis Anda tersebut.

  • Menurunkan harga pangan di pasaran

Biasanya harga bahan pangan yang memang ada di pasar perkotaan memang akan cukup mahal. Hal ini karena memang mereka mendatangkan bahan pangan tersebut dari daerah lain atau pedesaan yang masih banyak tersedia lahan hijau untuk persawahan atau perkebunan. Nah ketika bahan pangan tersebut sampai di perkotaan maka akan sedikit lebih mahal karena memang mereka memperhitungkan biaya transportasi untuk mengirim bahan pangan tersebut ke daerah perkotaan yang membutuhkan. Nah namun dengan menanam bahan pangan di daerah perkotaan maka biaya transportnya akan semakin kecil sehingga harga di pasaran tidak akan terlalu tinggi. Nah untuk itu urban farming ini memang sangat cocok untuk dikembangkan selalu dan kelak akan menjadi suatu bisnis pertanian di lahan kota masa depan.

Share Button